[RPP]
Sekolah :
…………….
Tema : Guest Handling
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu :
5 x 45 menit
A.
Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris
setara Level
Elementary.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1. Memahami percakapan
sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan
orang bukan penutur asli
C.
Indikator
·
Ungkapan untuk
menangani tamu hotel, restauran, travel agency, dll diperagakan dengan benar.
D. Tujuan
Pembelajaran
· Siswa mampu mengenal berbagai bentuk dan ungkapan menangani
tamu hotel, restauran, travel agency dalam konteks kehidupan sehari-hari.
·
Siswa mampu
memperagakan ungkapan untuk menangani tamu hotel, restauran, travel agency
dengan benar.
·
Siswa mampu
berkomunikasi dengan baik terhadap tamu hotel, restauran, travel agency.
E. Materi
Pembelajaran
-
Guest Handling
F. Skenario
Pembelajaran
Pertemuan
1 – 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
1) Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan
mempresensi siswa;
2) Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan
mempersiapkan materi;
3) Guru menanyakan pada siswa tentang prosedur dan
komunikasi yang digunakan dalam penanganan tamu
4) Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
berbicara khususnya dalam penanganan tamu
|
15 menit
|
Tanya Jawab
Pemberian ilustrasi
|
2.
|
Kegiatan inti
1) Guru menyajikan contoh reservasi di hotel dengan
menggunakan speaker untuk melatih listening
ability
2) Siswa dikelompokan untuk mengamati percakapan yang
sedang berlangsung
3) Siswa mencatat ungkapan-ungkapan khusus yang
berkaitan dengan reservasi (mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban)
4) Guru menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa ;
5) Guru menyajikan contoh reservasi (conversation) yang kedua dengan
menggunakan speaker
6) Siswa mengisi kata-kata yang belum terungkap
7) Guru mengamati jalannya diskusi dan memberi
penilaian
8) Guru bersama-sama siswa membahas/mengulas conversation tentang reservasi yang
kedua.
|
65 menit
|
Permodelan
Diskusi
Diskusi
Inquiri
Pemodelan
Penugasan
Diskusi
Diskusi
|
3.
|
Penutup
1) Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui
kesulitan dalam berkomunikasi dalam guest
handling.
2) Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil
pembelajaran guest handling pada
hari itu
3) Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari
itu;
4) Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih
berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5) Guru menutup pelajaran dengan salam
|
10 menit
|
Refleksi
|
Pertemuan
3 – 4
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
1) Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan
mempresensi siswa;
2) Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan
mempersiapkan materi;
3) Guru menanyakan pada siswa tentang prosedur dan
komunikasi yang digunakan dalam penanganan tamu
4) Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
berbicara khususnya dalam penanganan tamu
|
15 menit
|
Tanya Jawab
Pemberian ilustrasi
|
2.
|
Kegiatan inti
1) Guru mengulas materi guest handling yang telah di sampaikan pada pertemuan sebelumnya
2) Guru memberikan contoh dialogue conversation tentang guest
handling
3) Siswa
mengucapkan satu kalimat dalam dialogue tentang guest handling
4) Guru
memberi contoh pengucapan dengan pronunciations
dan intonasi yang benar.
5) Siswa menirukan dengan
pronunciations dan intonasi yang benar.
6) Siswa secara berpasangan mengamati contoh percakapan.
7) Secara
berpasangan, siswa mempraktikkan percakapan menggunakan pronunciation dan intonasi
yang benar di depan kelas
8) Siswa menganalisis ungkapan yang berkaitan dengan guest handling (mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban)
|
105 menit
|
Review
Diskusi
Practice
Guiding
Practice
Diskusi
Practice
Diskusi
|
3.
|
Penutup
1) Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui
kesulitan dalam berkomunikasi dalam guest
handling.
2) Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil
pembelajaran guest handling pada
hari itu
3) Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari
itu;
4) Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih
berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5) Guru menutup pelajaran dengan salam
|
15 menit
|
Refleksi
|
G. Media
-
White board
-
Marker
-
Speaker aktif
-
Contoh
percakapan
H. Sumber
Pembelajaran
-
LKS MASTER Bahasa Inggris 2a
-
The Universe of English
2
-
EFFECTIVE
COMMUNICATION for Vocationa High School
I.
Tes
(terlampir)
J. Penilaian
1.
Penilaian Proses
Penilaian proses
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu menilai keaktifan siswa
yang meliputi kecepatan siswa dalam merespons diskusi, menjawab pertanyaan dari
guru dan komentar yang diberikan.
2.
Penilaian hasil
Penilaian hasil diperoleh dari hasil tes
unjuk kerja berbicara untuk komunikasi transaksional dengan menggunakan
pengembangan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan pronunciation dan
intonasi yang benar.
Penilaian
-
Teknik : praktik dan
pengamatan
-
Bentuk
instrumen : tes praktik
-
Soal
instrumen : terlampir
-
Kunci
jawaban : terlampir
-
Pedoman
penilaian : terlampir
………, …. Juni 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
……………………. ……………………..
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar