Senin, 13 Agustus 2012

RPP BAHASA INGGRIS SMK KELAS XI SEMESTER I (GUEST HANDLING)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

Sekolah                       : …………….
Tema                           : Guest Handling
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas                           : XI
Semester                      : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 5 x 45 menit

A.      Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Elementary.

B.       Kompetensi Dasar
2.1. Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli

C.      Indikator
·         Ungkapan untuk menangani tamu hotel, restauran, travel agency, dll diperagakan dengan benar.
D.      Tujuan Pembelajaran
·      Siswa mampu mengenal berbagai bentuk dan ungkapan menangani tamu hotel, restauran, travel agency dalam konteks kehidupan sehari-hari.
·         Siswa mampu memperagakan ungkapan untuk menangani tamu hotel, restauran, travel agency dengan benar.
·         Siswa mampu berkomunikasi dengan baik terhadap tamu hotel, restauran, travel agency.

E.       Materi Pembelajaran
-          Guest Handling

F.       Skenario Pembelajaran
Pertemuan 1 – 2
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
1)      Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan mempresensi siswa;
2)      Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan mempersiapkan materi;
3)      Guru menanyakan pada siswa tentang prosedur dan komunikasi yang digunakan dalam penanganan tamu
4)      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran berbicara khususnya dalam penanganan tamu
15 menit
Tanya Jawab







Pemberian ilustrasi
2.
Kegiatan inti
1)      Guru menyajikan contoh reservasi di hotel dengan menggunakan speaker untuk melatih listening ability
2)      Siswa dikelompokan untuk mengamati percakapan yang sedang berlangsung
3)      Siswa mencatat ungkapan-ungkapan khusus yang berkaitan dengan reservasi (mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban)
4)      Guru menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa ;
5)      Guru menyajikan contoh reservasi (conversation) yang kedua dengan menggunakan speaker
6)      Siswa mengisi kata-kata yang belum terungkap
7)      Guru mengamati jalannya diskusi dan memberi penilaian
8)      Guru bersama-sama siswa membahas/mengulas conversation tentang reservasi yang kedua.
65 menit

Permodelan


Diskusi

Diskusi


 Inquiri

Pemodelan

 Penugasan
 Diskusi

Diskusi

3.
Penutup
1)      Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui kesulitan dalam berkomunikasi dalam guest handling.
2)      Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil pembelajaran guest handling pada hari itu
3)      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari itu;
4)      Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5)      Guru menutup pelajaran dengan salam
10 menit
Refleksi

Pertemuan 3 – 4

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
1)      Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan mempresensi siswa;
2)      Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan mempersiapkan materi;
3)      Guru menanyakan pada siswa tentang prosedur dan komunikasi yang digunakan dalam penanganan tamu
4)      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran berbicara khususnya dalam penanganan tamu
15 menit
Tanya Jawab







Pemberian ilustrasi
2.
Kegiatan inti
1)      Guru mengulas materi guest handling yang telah di sampaikan pada pertemuan sebelumnya
2)      Guru memberikan contoh dialogue conversation tentang guest handling
3)      Siswa mengucapkan satu kalimat dalam dialogue tentang guest handling
4)      Guru memberi contoh pengucapan dengan pronunciations dan intonasi yang benar.
5)      Siswa menirukan dengan pronunciations dan intonasi yang benar.
6)      Siswa secara berpasangan mengamati contoh percakapan.
7)      Secara berpasangan, siswa mempraktikkan percakapan menggunakan pronunciation dan intonasi yang benar di depan kelas
8)      Siswa menganalisis ungkapan yang berkaitan dengan guest handling (mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban)
105 menit

Review

 Diskusi

Practice

Guiding

 Practice

Diskusi

Practice



Diskusi
3.
Penutup
1)      Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui kesulitan dalam berkomunikasi dalam guest handling.
2)      Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil pembelajaran guest handling pada hari itu
3)      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari itu;
4)      Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5)      Guru menutup pelajaran dengan salam
15 menit

Refleksi

G.      Media
-          White board
-          Marker
-          Speaker aktif
-          Contoh percakapan

H.      Sumber Pembelajaran
-          LKS MASTER Bahasa Inggris 2a
-          The Universe of English 2
-          EFFECTIVE COMMUNICATION for Vocationa High School

I.              Tes
(terlampir)
  
J.      Penilaian
1.      Penilaian Proses
Penilaian proses dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu menilai keaktifan siswa yang meliputi kecepatan siswa dalam merespons diskusi, menjawab pertanyaan dari guru dan komentar yang diberikan.
2.      Penilaian hasil
Penilaian hasil diperoleh dari hasil tes unjuk kerja berbicara untuk komunikasi transaksional dengan menggunakan pengembangan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan pronunciation dan intonasi yang benar.
Penilaian
-   Teknik                         : praktik dan pengamatan
-   Bentuk instrumen        : tes praktik
-   Soal instrumen            : terlampir
-   Kunci jawaban            : terlampir
-   Pedoman penilaian      : terlampir


………, …. Juni 2012

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran



…………………….                                                      …………………….. 
NIP.                                                                               NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar