Kamis, 09 Agustus 2012

RPP BAHASA INGGRIS SMK KELAS XI SEMESTER I (QUESTION TAGS AND QUESTION WORDS)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

Sekolah                       :
Tema                           : Question Tags
                                      Question words
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas                           : XI
Semester                      : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 5 x 45 menit

A.      Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Elementary.

B.       Kompetensi Dasar
2.1. Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli

C.      Indikator
·         Pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
·         Pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan di jawab dengan benar.

D.      Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu mengenal pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari.
·   Siswa mampu membuat pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari.
· Siswa mampu menggunakan pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari.
  •  Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari.
  • Siswa mampu mengenal pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari.

·      Siswa mampu membuat pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari.
·      Siswa mampu menggunakan pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari.
  • Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari.
A.    Materi Pembelajaran
Question Tags
Question Words

B.     Skenario Pembelajaran
Pertemuan 1-2
  
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
1)      Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan mempresensi siswa;
2)      Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan mempersiapkan materi;
3)      Guru menanyakan pada siswa Question Tags (pengertian, tujuan & fungsi, cara membuat)
4)      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran question tags.
15 menit
Tanya Jawab






Pemberian ilustrasi
2.
Kegiatan inti
1)      Guru memberikan stimulus dengan memberikan contoh pertanyaan dengan pola question tags yang diucapkan guru dalam konteks kegiatan sehari-hari.
2)      Guru menjelaskan bagaimana cara membuat question tags dan penerapannya
3)      Siswa mencatat penjelasan tentang bagaimana membuat question tags dan penerapannya.
4)      Guru menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa
5)      Guru memberi soal latihan kepada siswa secara kelompok
6)      Siswa mengerjakan  soal latihan yang diberikan
7)      Guru dan siswa bersama-sama membahas dan mengkoreksi soal latihan yang sudah di kerjakan.
65 menit

Permodelan


 Penjelasan

 Inquiri

 Inquiri
Penugasan

Diskusi
 Diskusi


3.
Penutup
1)      Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui kesulitan dalam penggunaan question tags dalam berkomunikasi.
2)      Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil pembelajaran tentang  question tags
3)      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari itu;
4)      Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5)      Guru menutup pelajaran dengan salam
10 menit
Refleksi

Pertemuan 3-4
  
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
1)      Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan mempresensi siswa;
2)      Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan mempersiapkan materi;
3)      Guru menanyakan pada siswa tentang question words (pengertian, tujuan & fungsi, cara membuat)
4)      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran question words.
15 menit
Tanya Jawab






Pemberian ilustrasi
2.
Kegiatan inti
1)      Guru memberikan stimulus dengan memberikan contoh pertanyaan dengan pola question words yang diucapkan guru dalam konteks kegiatan sehari-hari.
2)      Guru menjelaskan bagaimana cara membuat question words dan penerapannya.
3)      Siswa mencatat penjelasan tentang bagaimana membuat question words dan penerapannya.
4)      Guru menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa
5)      Guru mengelompokkan siswa menjadi 4 kelompok sesuai baris meja
6)      Semua siswa menyanyi lagu bahasa inggris, sambil menggeser dadu dari satu anak ke anak yang lain
7)      Guru menghentikan laju dadu
8)      Siswa yang memegang dadu harus melempar dadu. Apabila dua, siswa diperkenankan untuk memberi tanda pada kolom no 2 di mulai dari kolom start, dan harus menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan question words.
9)       Apabila siswa tidak bisa menjawab, anggota kelompok yang lain wajib membantu.
10)  Kegiatan berlangsung sampai mencapai kolom finish.
105 menit

Permodelan


 Penjelasan

 Diskusi

Inquiri
Penugasan

Penugasan

Penugasan
 Diskusi




Diskusi

 Diskusi
3.
Penutup
1)      Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui kesulitan dalam penggunaan question words dalam berkomunikasi.
2)      Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil pembelajaran tentang  question words
3)      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari itu;
4)      Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5)      Guru menutup pelajaran dengan salam
15 menit
Refleksi

A.    Media
-          White board
-          Marker
-          Cerita Pendek

A.    Sumber Pembelajaran
-          LKS MASTER Bahasa Inggris 2a
-          E-Compusoft English Training
-          The Universe of English 2

B.     Tes
(Terlampir)

C.    Penilaian
1.      Penilaian Proses
Penilaian proses dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu menilai keaktifan siswa yang meliputi kecepatan siswa dalam merespons diskusi, menjawab pertanyaan dari guru dan komentar yang diberikan.

2.      Penilaian hasil
Penilaian hasil diperoleh dari hasil tes unjuk kerja berbicara untuk komunikasi transaksional dengan menggunakan pengembangan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan pronunciation dan intonasi yang benar.



Penilaian
-   Teknik                         : praktik dan pengamatan
-   Bentuk instrumen        : tes tertulis
-   Soal instrumen            : terlampir
-   Kunci jawaban            : terlampir
-   Pedoman penilaian      : terlampir



  
Purworejo,   Juli 2012

Mengetahui,
Kepala Sekolah




…………………..
NIP.


Guru Mata Pelajaran,




…………………….
NIP.




1 komentar: