[RPP]
Sekolah :
…
Tema : Question Tags
Question words
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu :
5 x 45 menit
A.
Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris
setara Level
Elementary.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1. Memahami percakapan
sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan
orang bukan penutur asli
C.
Indikator
·
Pertanyaan
dengan pola question tags dalam
konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
·
Pertanyaan
dengan pola question words dalam
konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan di jawab dengan benar.
D. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
mampu mengenal pertanyaan dengan pola question
tags dalam konteks kegiatan sehari-hari.
· Siswa mampu membuat pertanyaan dengan pola question
tags dalam konteks kegiatan
sehari-hari.
· Siswa mampu menggunakan pertanyaan dengan pola question
tags dalam konteks kegiatan
sehari-hari.
- Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari.
- Siswa mampu mengenal pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari.
· Siswa mampu membuat pertanyaan dengan pola question
words dalam konteks kegiatan
sehari-hari.
· Siswa mampu menggunakan pertanyaan dengan pola question
words dalam konteks kegiatan
sehari-hari.
- Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari.
A. Materi
Pembelajaran
Question Tags
Question Words
B. Skenario Pembelajaran
Pertemuan 1-2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
1) Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan
mempresensi siswa;
2) Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan
mempersiapkan materi;
3) Guru menanyakan pada siswa Question Tags (pengertian, tujuan & fungsi, cara membuat)
4) Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran question tags.
|
15 menit
|
Tanya Jawab
Pemberian ilustrasi
|
2.
|
Kegiatan inti
1) Guru memberikan stimulus dengan memberikan
contoh pertanyaan dengan pola question tags yang
diucapkan guru dalam konteks kegiatan sehari-hari.
2) Guru menjelaskan bagaimana cara membuat question tags dan penerapannya
3) Siswa mencatat penjelasan tentang bagaimana membuat question tags dan penerapannya.
4) Guru menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa
5) Guru memberi soal latihan kepada siswa secara
kelompok
6) Siswa mengerjakan soal latihan yang diberikan
7) Guru dan siswa bersama-sama membahas dan mengkoreksi
soal latihan yang sudah di kerjakan.
|
65 menit
|
Permodelan
Penjelasan
Inquiri
Inquiri
Penugasan
Diskusi
Diskusi
|
3.
|
Penutup
1) Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui
kesulitan dalam penggunaan question
tags dalam berkomunikasi.
2) Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil
pembelajaran tentang question tags
3) Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari
itu;
4) Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih
berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5) Guru menutup pelajaran dengan salam
|
10 menit
|
Refleksi
|
Pertemuan
3-4
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
1) Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan
mempresensi siswa;
2) Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan
mempersiapkan materi;
3) Guru menanyakan pada siswa tentang question words (pengertian, tujuan
& fungsi, cara membuat)
4) Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran question
words.
|
15 menit
|
Tanya Jawab
Pemberian ilustrasi
|
2.
|
Kegiatan inti
1) Guru memberikan stimulus dengan memberikan
contoh pertanyaan dengan pola question words yang diucapkan guru dalam konteks kegiatan
sehari-hari.
2) Guru
menjelaskan bagaimana cara membuat question words
dan penerapannya.
3) Siswa mencatat penjelasan tentang bagaimana membuat question words
dan penerapannya.
4) Guru menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa
5) Guru mengelompokkan siswa menjadi 4 kelompok sesuai
baris meja
6) Semua siswa menyanyi lagu bahasa inggris, sambil
menggeser dadu dari satu anak ke anak yang lain
7) Guru menghentikan laju dadu
8) Siswa yang memegang dadu harus melempar dadu.
Apabila dua, siswa diperkenankan untuk memberi tanda pada kolom no 2 di mulai
dari kolom start, dan harus
menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan question
words.
9) Apabila siswa tidak bisa menjawab, anggota kelompok
yang lain wajib membantu.
10) Kegiatan berlangsung sampai mencapai kolom finish.
|
105 menit
|
Permodelan
Penjelasan
Diskusi
Inquiri
Penugasan
Penugasan
Penugasan
Diskusi
Diskusi
Diskusi
|
3.
|
Penutup
1) Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui
kesulitan dalam penggunaan question
words dalam berkomunikasi.
2) Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil
pembelajaran tentang question words
3) Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari
itu;
4) Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih
berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5) Guru menutup pelajaran dengan salam
|
15 menit
|
Refleksi
|
A. Media
-
White board
-
Marker
-
Cerita Pendek
A. Sumber
Pembelajaran
-
LKS MASTER Bahasa Inggris 2a
-
E-Compusoft
English Training
-
The Universe of
English 2
B. Tes
(Terlampir)
C. Penilaian
1.
Penilaian Proses
Penilaian proses
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu menilai keaktifan siswa
yang meliputi kecepatan siswa dalam merespons diskusi, menjawab pertanyaan dari
guru dan komentar yang diberikan.
2.
Penilaian hasil
Penilaian hasil
diperoleh dari hasil tes unjuk kerja berbicara untuk komunikasi transaksional
dengan menggunakan pengembangan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan
pronunciation dan intonasi yang benar.
Penilaian
-
Teknik : praktik dan pengamatan
-
Bentuk
instrumen : tes tertulis
-
Soal
instrumen : terlampir
-
Kunci
jawaban : terlampir
-
Pedoman
penilaian : terlampir
Purworejo,
Juli
2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………..
NIP.
|
Guru Mata
Pelajaran,
…………………….
NIP.
|
tx kak, utk postingannya. it's very helpful...
BalasHapus