Rabu, 08 Agustus 2012

RPP BAHASA INGGRIS SMK KELAS XI SEMESTER I (HOBBIES AND YES-NO QUESTION)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

Sekolah                       :
Tema                           : Talking about hobbies and interests
                                      Yes – No Questions
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas                           : XI
Semester                      : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 5 x 45 menit

A.      Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Elementary.

B.       Kompetensi Dasar
2.1. Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli

C.       Indikator
·         Berbagai bentuk dan ungkapan yang digunakan untuk membicarakan kegemaran/hobi dan minat disebutkan dengan benar.
·         Komunikasi transaksional tentang kegemaran/hobi dan minat dilakukan dengan tepat.
·         Pertanyaan dengan pola yes-no-questions dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar.

D.      Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu mengenal berbagai bentuk dan ungkapan yang digunakan dengan tepat untuk membicarakan kegemaran /hobi dan minat
·         Siswa mampu menggunakan berbagai bentuk dan ungkapan yang digunakan dengan tepat untuk membicarakan kegemaran /hobi dan minat
·         Siswa mampu memperagakan berbagai bentuk dan ungkapan untuk membicarakan kegemaran /hobi dan minat
·         Siswa mampu mengenal pertanyaan dengan pola yes/no question dalam konteks kegiatan sehari-hari.
·         Siswa mampu membuat struktur pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari.
·         Siswa mampu menggunakan pertanyaan dengan pola yes-no question dalam konteks kegiatan sehari-hari.
·         Siswa mampu menjawab pertanyaan  (merespon) dengan pola yes-no question dalam konteks kegiatan sehari-hari.
·         Siswa mampu memperagakan dan menerapkan pertanyaan dengan pola yes-no question dalam konteks kegiatan sehari-hari.

E.       Materi Pembelajaran
Talking about hobbies and interests
Yes – No questions

F.       Skenario Pembelajaran

Pertemuan 1-2

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
1)      Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan mempresensi siswa;
2)      Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan mempersiapkan materi;
3)      Guru menanyakan pada siswa tentang ungkapan yang digunakan untuk membicarakan kegemaran/hobi dan minat.
4)      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran ungkapan kegemaran/hobi dan minat.
15 menit
Tanya Jawab







Pemberian ilustrasi
2.
Kegiatan inti
1)      Guru menyajikan contoh percakapan sederhana sehari-hari tentang kegemaran/hobi dan minat
2)      Siswa mengucapkan satu kalimat dalam dialogue tentang kegemaran/hobi dan minat
3)      Guru memberi contoh pengucapan dengan pronunciation dan intonation yang benar.
4)      Siswa menirukan dengan pronunciation dan intonation yang benar.
5)      Siswa secara berpasangan mengamati contoh percakapan.
6)      Secara berpasangan, siswa mempraktikkan percakapan menggunakan pronunciation dan intonation yang benar di depan kelas
7)      Siswa menganalisis ungkapan yang digunakan untuk menanyakan kegemaran/hobi dan minat beserta responnya yang terdapat dalam dialog.
8)      Siswa diberi kesempatan untuk menyusun percakapan transaksional tentang kegemaran/hobi dan minat secara berpasangan.
9)      Siswa di beri kesempatan untuk memerankannya kembali secara bergantian.
10)  Siswa yang lain melakukan pengamatan dan mencatat  ungkapan-ungkapan menanyakan kegemaran/hobi beserta responnya dari awal hingga akhir;
65 menit

Permodelan


Practice

Guiding

Practice

Diskusi


Simulasi


Penugasan



Penugasan



Simulasi


Inquiry
3.
Penutup
1)      Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui kesulitan dalam berkomunikasi tentang  kegemaran/hobi dan minat.
2)      Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil pembelajaran tentang  bentuk dan ungkapan yang digunakan untuk membicarakan kegemaran /hobi dan minat pada hari itu
3)      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari itu;
4)      Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5)      Guru menutup pelajaran dengan salam
10 menit
Refleksi

 Pertemuan 3-4

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
1)      Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan mempresensi siswa;
2)      Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan mempersiapkan materi;
3)      Guru menanyakan pada siswa tentang yes-no question (pengertian, tujuan & fungsi, cara membuat)
4)      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran yes-no question.
15 menit

Tanya Jawab






Pemberian ilustrasi
2.
Kegiatan inti
1)      Guru memberikan stimulus dengan memberikan contoh pertanyaan dengan pola yes-no question yang diucapkan guru dalam konteks kegiatan sehari-hari.
2)      Guru menjelaskan bagaimana cara membuat yes-no questions dan penerapannya.
3)      Siswa mencatat penjelasan tentang bagaimana membuat yes-no questions dan penerapannya.
4)      Guru menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa
5)      Guru menggunakan gambar ( gambar artis atau orang terkenal) untuk media pembelajaran.
6)      Siswa membuat pertanyaan seputar artis tersebut. Beri contoh, misalnya: Is it  a man?
7)      Guru hanya menjawab Yes atau No. Batasi hingga 10 pertanyaan saja.
8)      Setelah selesai 10 pertanyaan, Guru meminta siswa menebak siapakah artis atau orang terkenal tersebut.
105 menit

Permodelan




Penjelasan


Diskusi

Inquiri

Permodelan


Diskusi


Diskusi

Diskusi
3.
Penutup
1)      Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui kesulitan dalam penggunaan yes-no questions dalam berkomunikasi.
2)      Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil pembelajaran tentang  yes-no questions
3)      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari itu;
4)      Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5)      Guru menutup pelajaran dengan salam
15 menit
Refleksi

G.    Media

-          White board, marker
-          Contoh percakapan
-          Gambar orang terkenal

H.    Sumber Pembelajaran

-          LKS MASTER Bahasa Inggris 2a
-          E-Compusoft English Training
-          The Universe of English 2

I.       Tes
(terlampir)

J.      Penilaian
1.      Penilaian Proses
Penilaian proses dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu menilai keaktifan siswa yang meliputi kecepatan siswa dalam merespons diskusi, menjawab pertanyaan dari guru dan komentar yang diberikan.


2.      Penilaian hasil
Penilaian hasil diperoleh dari hasil tes unjuk kerja berbicara untuk komunikasi transaksional dengan menggunakan pengembangan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan pronunciation dan intonation yang benar.
Penilaian
-   Teknik                         : praktik dan pengamatan
-   Bentuk instrumen        : tes tertulis
-   Soal instrumen            : terlampir
-   Kunci jawaban            : terlampir
-   Pedoman penilaian      : terlampir








Purworejo,    Juli 2012

Mengetahui,
Kepala Sekolah




……………………….
NIP.


Guru Mata Pelajaran,




……………………..
NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar