[RPP]
Sekolah :
……
Tema : Gerund
Construction with ‘too’ and ‘enough’
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu :
5 x 45 menit
A.
Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris
setara Level
Elementary.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1. Memahami percakapan
sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan
orang bukan penutur asli
C.
Indikator
·
Berbagai bentuk
dan penggunaan Gerund dalam konteks kegiatan
sehari-hari.
·
Penerapan constructions ‘too’ dan ‘enough’ dalam sebuah kalimat dengan
bena
D. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa mampu
mengenal bentuk Gerund dalam suatu
kalimat sesuai konteks kegiatan sehari-hari.
·
Siswa mampu membuat kalimat dengan penggunaan Gerund dalam konteks kegiatan sehari-hari.
·
Siswa mampu menggunakan Gerund dalam
sebuah percakapan dalam konteks kegiatan sehari-hari.
·
Siswa mampu
mengenal construction too dan enough dalam suatu kalimat sesuai
konteks kegiatan sehari-hari.
·
Siswa mampu membuat kalimat dengan penggunaan construction too
dan enough dalam konteks kegiatan sehari-hari.
E. Materi
Pembelajaran
Gerund
Construction with ‘too’ and ‘enough’
F. Skenario Pembelajaran
Pertemuan
1-2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
1) Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan
mempresensi siswa;
2) Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan
mempersiapkan materi;
3) Guru menanyakan pada siswa, apa yang siswa ketahui
dengan Gerund.
4) Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran berbagai
bentuk Gerund dan penerapannya
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
15 menit
|
Tanya Jawab
Pemberian ilustrasi
|
2.
|
Kegiatan inti
1)
Guru
memberikan stimulus dengan memberikan contoh kalimat yang mengandung Gerund yang diucapkan guru dan siswa
menyimaknya
2)
Siswa
mencatat penjelasan tentang berbagai bentuk gerund dan penerapannya.
3)
Guru
menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa
4)
Guru memberikan
sebuah texts sederhana atau cerita pendek terhadap masing-masing siswa untuk
di analisis
5)
Siswa
menemukan informasi umum dan khusus dari bacaan text tentang kosa kata dan
struktur kalimat pada kalimat yang mengandung Gerund.
6)
Siswa
menjawab pertanyaan text bacaan secara comprehensive (reading dan writing skill)
7)
Guru
mengamati dan mengkoreksi pekerjaan siswa
8)
Siswa
diberi kesempatan untuk membuat
kalimat-kalimat yang mengandung Gerund dengan
benar (writing skill)
9)
Guru
memberi kesempatan siswa untuk mengungkapkan atau menuliskan hasil
pekerjaannya.
10)
Siswa di
beri kesempatan untuk menganalisa kesalahan dalam kalimat / error analysis
pada kalimat yang mengandung Gerund
(writing dan speaking skill)
|
105 menit
|
Permodelan
Inquiry
Inquiry
Penugasan
Diskusi
Diskusi
Corection
Penugasan
Diskusi
Diskusi
|
3.
|
Penutup
1) Guru bertanya pada siswa, apakah masih menemui
kesulitan dalam penggunaan Gerund di sebuah kalimat.
2) Guru bersama-sama siswa merefleksi hasil
pembelajaran tentang berbagai
bentuk Gerund dan penerapannya.
3) Siswa dibantu guru menyimpulkan materi pada hari
itu;
4) Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk berlatih
berbicara dalam bahasa Inggris sesering mungkin;
5) Guru menutup pelajaran dengan salam
|
15 menit
|
Refleksi
|
Pertemuan
3 – 4
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
1) Guru memberi salam, menanyakan keadaan siswa dan
mempresensi siswa;
2) Guru mengatur kondisi kelas yang kondusif dan
mempersiapkan materi;
3)
Guru menanyakan pada
siswa, apa yang siswa ketahui tentang construction
with ‘too’ and ‘enough’.
4) Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang
construction with ‘too’ and ‘enough’dan
penerapannya dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
15 menit
|
Tanya Jawab
Pemberian ilustrasi
|
2.
|
Kegiatan inti
1)
Guru
memberikan stimulus dengan memberikan contoh kalimat yang mengandung kata ‘too’ dan ‘enough’ yang diucapkan guru.
2)
Siswa
mencatat penjelasan tentang penggunaan kata ‘too’ dan ‘enough’
dalam sebuah kalimat.
3)
Guru
menanyakan hasil catatan yang diperoleh siswa
4)
Guru
memberikan sebuah texts sederhana atau cerita pendek terhadap masing-masing
siswa untuk dianalisis
5)
Siswa
menemukan informasi umum dan khusus dari bacaan text tentang kosa kata dan penggunaan kata ‘too’
dan ‘enough’
6)
Siswa
menjawab pertanyaan text bacaan secara comprehensive (reading dan writing skill)
7)
Guru
mengamati dan mengkoreksi pekerjaan siswa
8) Siswa di beri kesempatan
untuk menganalisa kesalahan dalam kalimat / error analysis pada kalimat yang
mengandung kata ‘too’ dan ‘enough’.
9)
Guru
mengamati jalannya diskusi dan memberi penilaian
|
65 menit
|
Permodelan
Inquiry
Inquiry
Penugasan
Diskusi
Diskusi
Corection
Penugasan
Diskusi
|
3.
|
Penutup
1)
Guru bertanya pada
siswa, apakah masih menemui kesulitan dalam penggunaan kalimat yang mengandung kata ‘too’ dan ‘enough’
2)
Guru bersama-sama
siswa merefleksi hasil pembelajaran tentang construction ‘too’ dan ‘enough’.
3)
Siswa dibantu guru
menyimpulkan materi pada hari itu;
4)
Guru memberikan
dorongan kepada siswa untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris sesering
mungkin;
5)
Guru menutup
pelajaran dengan salam
|
10 menit
|
Refleksi
|
G. Media
-
White board
-
Marker
-
Cerita Pendek
H. Sumber
Pembelajaran
-
LKS MASTER Bahasa Inggris 2a
-
The Universe of
English 2
I. Tes
(Terlampir)
J. Penilaian
1.
Penilaian Proses
Penilaian proses
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu menilai keaktifan siswa
yang meliputi kecepatan siswa dalam merespons diskusi, menjawab pertanyaan dari
guru dan komentar yang diberikan.
2.
Penilaian hasil
Penilaian hasil
diperoleh dari hasil tes unjuk kerja berbicara untuk komunikasi transaksional
dengan menggunakan pengembangan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan
pronunciation dan intonasi yang benar.
Penilaian
-
Teknik : praktik dan pengamatan
-
Bentuk
instrumen : tes tertulis
-
Soal
instrumen : terlampir
-
Kunci
jawaban : terlampir
-
Pedoman
penilaian : terlampir
………, …. Juni 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
……………………. ……………………..
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar